Saturday, March 9, 2013

Adab Masuk Ke Rumah Orang lain

Adab Masuk ke Rumah Orang Lain
a.Ketuk Pintu
Ketuk dulu pintu secara sopan, sebanyak 3 ketukan. Ketukan jangan terlalu keras, jangan pula terlalu lemah. Mengetuk jangan dengan tingkah, biasa saja. Tok-tok-tok. Assalammualaikum. Tidak ada jawaban, ketuk lagi, tok-tok-tok, Assalammualaikum. Tunggu sebentar. Tidak juga ada jawaban, ketuk lagi, tok-tok-tok, Assalammualaikum. Kalau sudah 3 kali tak ada jawaban, itu berarti orangnya tak ada di dalam, atau tidak didengar atau tidak mau menerima tamu. Lebih baik urungkan niat untuk bertamu atau lebih baik pulang, jangan membuka pintu orang, walaupun tidak berkunci. Ini kurang sopan.

b.Waktu yang dilarang untuk bertamu
Waktu tuan rumah sedang atau mau makan. Misalnya pulang dari masjid, pada hari Jumat. Kita tahu orang makan sesudah pulang sembahyang Jumat. Jadi tidak baik kalau dia kita ikuti dari belakang lalu bertamu. Atau pagi hari ketika dia mau pergi ke kantor atau ke sawah, atau ke mana saja. Atau siang pada pukul 12.00 – 13.00 atau sore dari pukul 15.00 – 16.00. kita tahu itu waktu dia makan, lalu kita datang.
Waktu tidur siang. Dahulu memang kebiasaan tidur siang, belum ada. Petani jarang tidur siang, bekerja terus sepanjang hari. Namun pada akhir-akhir ini orang kantor, biasa tidur siang dari pukul 14.00 – 16.00 WIB. Rasanya kalau kita datang, tidur siangnya terganggu gara-gara kedatangan kita.
Larut malam. Kalau petani pukul 22.00 (pukul 10.00 malam) sudah dianggap larut. Jangan lagi didatangi, pasti dia sudah tidur. Kalaupun belum tidur, pasti kondisi tubuhnya sudah lemas.
Tuan rumah baru pulang dari perjalanan jauh. Kalau misalnya tuan rumah baru datang dari Medan misalnya, maka kurang sopan kalau kita bertamu pada larut malam. Kalau kita paksakan juga kehendak, pasti diterima dengan terpaksa, tetapi bila dicap sebagai tamu tak tahu tata krama.